Senin, 22 Maret 2010

Web Sciene......

World Wide Web, atau yang biasa disebut Web, adalah suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung antara satu dengan yang lain dalam jaringan Internet. Informasi dalam web mempunyai link yang menghubungkan informasi ke informasi lain didalam Internet. Link memiliki tanda khusus, baik berupa teks bergaris bawah dan berwarna, ikon atau bisa juga berupa gambar. Bila ingin mengetahui apakah teks atau gambar merupakan link dari suatu informasi lihatlah perubahan pada penunjuk mouse. Jika berubah menjadi gambar tangan, maka tulisan/teks dan gambar tersebut merupakan link dari suatu informasi yang terdapat di Internet.

WorldWideWeb
Dalam bekerja dengan Web terdapat dua hal yang penting yaitu Web Browser atau yang lebih dikenal Browser dan Software Web Server. Kedua software seperti sebuah sistem Client-Server. Web browser bertindak sebagai client dan Web server sebagai server. Client memungkinkan Anda untuk mengiterprestasikan dan melihat informasi pada Web sedangkan server memungkinkan Anda untuk menerima informasi yang diminta oleh browser.

Banyak sekali cara-cara yang digunakan oleh beberapa orang untuk membuat website. Dan didalam pelatihan ini akan diberitahu hal-hal yang penting dalam Pembuatan Website agar terlihat menarik walau bentuknya sederhana. Jadi sebelum membuat website perhatikanlah hal-hal berikut ini :

· Tentukan Sasaran Pembaca Web Page Kalian:
Apabila sasaran pembaca WebPage adalah orang lokal, lebih baik menggunakan Bahasa Indonesia pada dokumen web kalian. Agar lebih dapat dipahami dan lebih cepat memberikan reaksi atas WebPage kalian
Sedangkan, bila sasaran pembaca WebPage kalian adalah orang diseluruh dunia, gunakanlah bahasa Inggris yang merupakan bahasa International pada dokumen web. Dan tidak ada salahnya apabila dokumen web kalian dibuat dalam tiga atau empat bahasa, yang dipergunakan oleh orang diseluruh dunia.

· Tentukan Tujuan dari WebSite:
Didalam pembuatan Website, sebelumnya harus menentukan tujuan dari Website yang kalian bikin. Apakah website tersebut untuk mempublikasikan diri kamu sendiri atau kalian ingin mempublikasikan Perusahaan kalian dan barang-barang produksi Perusahaan kalian, dll. Bagaimanapun bentuk tujuan dari Website atau dokumen Website yang kalian buat, harus jelas agar pembaca Website kalian dapat lebih mengerti dan memahami tujuan dari Website kalian.

· Buat Struktur WebPage:
Sebelum kalian membuat dokumen Web, alangkah lebih baik apabila kalian pertimbangkan dulu bagaimana cara mengelola dokumen Web. Buatlah struktur dari dokumen yang kalian buat dengan jelas dan teliti agar tidak menyimpang dari tujuan pembuatan WebSite kalain
.

Dalam Pengetahuan tentang Web Kita juga mengenal istilah-istilah…


Domain

Domain adalah nama atau alamat dari sebuah website. Di Internet, setiap orang harus mengetikkan sebuah nama domain untuk bisa membuka dan membaca isi dari sebuah website. Dalam hal ini, peranan pemilihan nama domain cukup penting untuk membedakan website Anda dengan website orang lain.

Domain ini terdiri dari nama domain dan extension. Contoh ratu.com, ratu adalah nama domain dan .com adalah extensionnya. Extension biasanya mewakili untuk kategori tertentu seperti .com untuk keperlukan komersial, .net untuk keperluan jaringan, .org untuk keperluan website nonkomersial, dan lain-lainnya.

Extension bermacam-macam, bisa berupa TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, .org atau ada juga yang berupa cTLD (country Top Level Domain) seperti .co.id, .co.cc dimana id mewakili domain negera Indonesia.

Usahakan untuk memilih nama domain dengan extension .com karena lebih umum dan lebih banyak dikenal orang. Registrasi domain ini akan dilakukan pertahun, setahun sekali kalian harus membayar biaya registrasi domain tersebut bila Anda ingin tetap memiliki dan menggunakannya.

Dan bila kalian tidak melakukan perpanjangan registrasi untuk tahun berikutnya, maka setelah domain kalian expired, domain tersebut akan terbuka kembali untuk umum sehingga orang lain bisa mendaftarkan dan menggunakannya.

Bila Anda tidak memiliki bayangan untuk nama domain Anda, Anda bisa menggunakan domain tools untuk membantu Anda memberikan saran nama domain yang bisa Anda gunakan. Anda buka http://domaintools.com dan pilih Tabs "Suggestions". Dan masukkan kata-kata yang akan Anda gunakan dalam nama domain Anda. Anda bisa memasukan lebih dari satu kata dan dipisahkan dengan tanda (,).

Dan dari domaintools.com ini, Anda bisa menggunakan fasilitas lainnya seputar domain.

Tips dalam memilih nama domain antara lain:

1. Pilih nama domain yang simpel dan mudah diingat

2. Pilih nama domain yang sesuai dengan mewakili isi dan tujuan dari website Anda, untuk mempermudah orang mengingat nama domain atau alamat website Anda nantinya.

3. Bila Anda menggunakan nama domain yang panjang, usahakan menggunakan nama domain yang berisi kata-kata yang umum, sehingga menghidari untuk kesalahan dalam menuliskan nama domain.

4. Anda bisa menggunakan tanda (-) bila Anda mau.

5. Usahakan pilih domain .com

6. Anda bisa mengikut sertakan keyword dalam nama domain Anda untuk membantu proses SEO (search engine optimization), agar website Anda tampil di search engine dengan posisi lebih atas.

Pada langkah ini, Anda sudah mendapatkan nama domain untuk website Anda.

Hosting

Hosting adalah tempat meletakkan file-file website Anda di sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet. Jadi agar website Anda bisa ditampilkan, maka file-file website perlu Anda simpan di sebuah server hosting. Anda perlu membeli paket hosting.

Home Page

Home Page adalah halaman pertama dari suatu website yang berisi berbagai Informasi tentang apa dan siapa dari perusahaan atau organisasi pemilik website tersebut. Didalam website tersebut juga terdapat Informasi tentang link-link yang menghubungkan antar dokumen yang satu dengan dokumen yang lainnya.Setiap pribadi atau organisasi perusahaan yang memiliki informasi di World Wide Web akan memerlukan suatu alamat atau URL khusus yang disebut Website.

HyperText Transfer Protocol ( HTTP )

HTTP adalah suatu protokol yang digunakan untuk menentukan aturan yang harus diikuti oleh Web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta. Jika anda sedang menjelajah Web dan pada Addres bar ada tulisan http://www.msn.com, ini merupakan salah satu penggunaan protokol http dalam Web

sumber.....

pendidikan dari wscreating5

belajarmembuatwebsite...Dari: David Odang,


0 komentar:

Posting Komentar

 

Great Morning ©  Copyright by hai ratu's_blog | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks